01 02 09 44

February 10, 2016

Cek Jenis Produk Asuransi Jiwa

Sifat dasar dari asuransi jiwa adalah memberikan perlindungan terhadap kerugian finansial akibat hilangnya sumber penghasilan yang disebabkan oleh kematian dari sang pencari nafkah ataupun telah mencapai usia lanjut.

Asuransi jiwa terdiri atas beberapa produk yang masing-masing produk tersebut memiliki manfaat yang berbeda-beda untuk disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan dari nasabah. Produk tersebut antara lain:

1. Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life)
Asuransi jiwa berjangka merupakan asuransi murni yang tidak membentuk nilai tunai dan berjanka waktu tahunan. Premi yang dibayar harus diperbaharui setiap tahun dan disesuaikan dengan usia tertanggung. 

Ciri khas asuransi berjangka terletak pada proteksi maksimum dengan preminya yang relatif rendah, sehingga cocok bagi calon tertanggung yang mempunyai kebutuhan asuransi besar namun daya belinya terbatas, misalnya calon pemegang polis ingin memproteksi masa depan anaknya atau perusahaan yang ingin memproteksi karyawannya dengan risiko pekerjaan tinggi seperti perusahaan pengeboran minyak, pertambangan dan penerbangan.


2. Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life)
Asuransi jiwa seumur hidup merupakan asuransi yang memberikan proteksi sampai dengan usia tertentu (umumnya 99 tahun), serta menghasilkan nilai tunai yang dapat diambil setelah 2 tahun mengendap atau dibiarkan sampai batas waktu yang dapat ditentukan sendiri. Keistimewaan produk ini adalah nilai tunai yang terbentuk akan terus bertambah walaupun masa pembayarannya sudah habis.

Ciri khas asuransi jiwa seumur hidup adalah jenis dasar asuransi jiwa permanen yang memberikan proteksi asuransi seumur hidup bagi seseorang. Asuransi ini cocok untuk:

- Calon pemegang polis yang ingin memiliki proteksi asuransi jiwa sekaligus menghasilkan dana tabungan yang dapat dipakai untuk kebutuhan darurat
- Calon pemegang polis yang membutuhkan proteksi penghasilan permanen
- Calon pemegang polis yang ingin mendapat sejumlah pertumbuhan modal investasinya

3. Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment)
Asuransi jiwa dwiguna merupakan asuransi yang memberikan manfaat pembayaran tunai dalam jangka waktu tertentu yang ditetapkan di awal pertanggungan. Asuransi ini membentuk nilai tunai yang berarti ada unsur investasinya. Preminya lebih mahal dari term life namun manfaatnya dapat dipilih sesuai kebutuhan. Contoh jenis endowment yaitu asuransi pendidikan dan asuransi dana pensiun. Tingkat return telah ditetapkan di awal pertanggungan oleh perusahaan asuransi dan mereka pula yang menentukan ke instrumen investasi mana akan dialokasi dana tersebut.

Ciri khas asuransi jiwa dwiguna adalah proteksi yang memberikan jumlah uang pertanggungan saat tertanggung meninggal dalam periode tertentu dan sekaligus memberikan seluruh uang pertanggungan jika ia masih hidup pada masa akhir pertanggungan.

Karena memberikan dua manfaat inilah, asuransi ini disebut dwiguna. Produk ini berguna bagi calon pemegang polis yang ingin tertanggung terlindung dari dampaik keuangan karena kematian dini.
Asuransi ini cocok untuk:
- Calon pemegang polis yang memerlukan dana bagi pendidikan anak
- Calon pemegang polis yang ingin memiliki sejumlah dana untuk kebutuhan di masa depan
- Calon pemegang polis yang ingin memiliki dana pensiun

4. Asuransi Jiwa Unit Link, terdiri dari

a. Asuransi Jiwa Unit Link Single (Premi Tunggal)

Ciri khas asuransi jiwa unit link single (premi tunggal) adalah premi yang dibayarkan secara sekaligus atau lump sum. Biasanya premi tunggal diinginkan oleh calon pemegang polis yang ingin berinvestasi jangka panjang. Asuransi ini cocok untuk:
- Calon pemegang polis yang suka berinvestasi jangka panjang
- Calon pemegang polis yang memiliki kelebihan uang (idle money) dan bermaksud meningkatkan kekayaannya

b. Asuransi Jiwa Unit Link Regular (Premi Berkala)
Ciri khas asuransi jiwa unit link regular (premi berkala) adalah juga merupakan investasi jangka panjang, dimana di dalam polis di atur cara pembayarannya, yaitu dilakukan secara berkala atau regular. Unit dibeli begitu premi diterima.
Asuransi ini cocok untuk:
- Calon pemegang polis yang lebih memilih proteksi
- Calon pemegang polis yang suka berinvestasi tapi tetap ingin diproteksi
- Calon pemegang polis yang masih bekerja dan ingin menyiapkan tabungan


Sumber: Buku Percuma berasuransi bila klaimnya tidak dibayar - Apparindo