01 02 09 44

April 30, 2016

Cek Tips Memilih Produk Asuransi Kesehatan yang Murah dan Aman


Untuk mendapatkan asuransi yang tepat bukan perkara mudah. Selain memperhatikan keamanannya, Anda juga harus menyesuaikan dengan kondisi keuangan. Hal itu tentu membuat Anda harus membandingkan antara perusahaan asuransi satu dengan lainnya. 


Di bawah ini beberapa tips memilih produk asuransi kesehatan yang baik, berkualitas, murah dan aman sehingga bisa membantu Anda menemukan asuransi kesehatan sesuai keinginan dan kebutuhan:

1. Prioritaskan Rawat Inap

Pihak asuransi pasti menyediakan dua layanan kesehatan, yaitu rawat inap dan rawat jalan. Jika budget Anda memungkinkan lebih baik memilih pertanggungan untuk rawat inap. 

Memang biaya yang dikeluarkan lebih mahal dari pada rawat jalan. Namun, kebutuhan perawatan untuk rawat inap bermacam-macam, sehingga diperlukan biaya yang lebih besar.

Rawat inap membutuhkan biaya kamar, obat-obatan, makan, dan konsultasi dokter. Sedangkan rawat jalan hanya biaya untuk obat dan konsultasi dokter saja.
Jika kondisi keuangan Anda sesuai dengan layanan rawat inap, lebih baik pilih asuransi kesehatan yang memberi pertanggungan rawat inap. Layanan rawat inap yang baik juga akan memberi kenyamanan bagi Anda ketika harus mendapat perawatan.

2. Memilih Limit Gabungan

Dalam asuransi kesehatan ada sistem limit. Sistem tersebut ialah biaya yang bisa diambil berdasarkan nilai maksimum dari ketentuan pihak asuransi. Ada dua limit yang digunakan, yaitu limit per perawatan dan limit gabungan. 

Limit per perawatan ialah nilai maksimum yang dikeluarkan pihak asuransi setiap perawatan. Jika biaya perawatan melebihi limit maksimum dari asuransi maka sisanya harus ditutup dengan uang Anda sendiri. 

Sedangkan limit gabungan ialah memberi batasan pengeluaran dana dari klaim pasien. Namun, mencakup semua biaya yang dikeluarkan selama perawatan. Sistem gabungan ini tentu lebih fleksibel, karena Anda bisa mengatur biaya per perawatan sendiri. 

Sistem ini tepat digunakan, karena bisa membantu Anda tanpa terbatas dengan nilai maksimum seperti limit per perawatan.

3. Pastikan Masa Tunggu Penyakit

Pihak asuransi tidak menanggung semua jenis penyakit. Meskipun asuransi kesehatan memiliki keterbatasan pertanggungan penyakit, tetapi pada waktu tertentu ada penyakit yang masuk pertanggungan. Waktu ini disebut sebagai waktu tunggu. 

Penyakit yang bisa masuk pertanggungan juga beragam, tergantung kebijakan dari pihak asuransi tersebut. Setiap bulan dan tahunnya tentu akan berbeda. Adanya sistem seperti itu, tentu Anda harus cermat menanyakan daftar penyakit yang ditanggung oleh pihak asuransi.

4. Langsung ke Perusahaan Asuransi

Banyaknya perusahaan asuransi yang tersebar terkadang bisa membuat Anda bimbang dengan pilihan asuransi. Selain penawaran dilakukan melalui iklan, sekarang ini banyak agen yang memberi informasi kepada masyarakat secara langsung. 

Untuk mendapatkan keamanan yang terjamin, lebih baik Anda mendatangi langsung pihak asuransi. Hal ini juga bisa meyakinkan Anda dengan penjelasan yang diberikan oleh pihak asuransi tersebut. Dengan cara ini keamanannya lebih terjamin.


Dari tips-tips di atas menunjukkan kecermatan memilih asuransi kesehatan perlu diperhatikan. Untuk mendapatkan keamanan, Anda bisa datang langsung ke perusahaan asuransi pilihan Anda dan jika Anda ingin asuransi murah, Anda bisa menyesuaikan dengan keuangan Anda yang sesuai kebutuhan.
Namun, tetap kecermatan menganalisis dan pertimbangan yang matang menjadi hal utama untuk mendapatkan hasil yang tepat.

Sumber: www.cermati.com